MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Pembelajaran kooperatif learning merupakan suatu metode pembelajaran yang berkembang di amerika serikat pada tahun 1980 an. Kooperatif learning berusaha menelaah proses belajar anak didik dengan guru. Kegiatan belajar yang terjadi lebih berpusat pada guru.
Segala sesuatu yang menyangkut metode cooperative learning
1.      Definisi Pembelajaran Kooperatif
yang menitik beratkan pada kerja sama diantara anak didik dalam mengarjakan suatu pekerjaan tapi tanpa sepenuhnya dapat bimbingan guru.
-          Menurut Cenita Liepembelajaran kooperatif adalah gotong royong yang memberikan kesempatan pada anak didik untuk bekerja sama dengan sesama anak dalam tugas yang berstruktur. Guru bertindak sebagai fasilitator.
-          Menurut Johnson cooperative learning adalah :
·         Saling ketergantungan positif
·         Tanggung jawab individual
·         Interaksi sosial
·         Keahlian bekerja sama
·         Proses kelompok

2.      Manfaat Pembelanjaan Kooperatif
tidak hanya menitik beratkan pada kerja kelompok nya melainkan pada strukturnya.
a.       Cooperative learning mampu mengembangkan aspek moralitas dan interaksi sosial peserta didik.
b.      Cooperative mampu mempersiapkan anak didik untuk belajar bagaimana cara mendapatkan berbagai pengetahuan dan informasi.
c.       Meningkatkan anak didik untuk dapat bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim karena di era globalisasi.
d.      Dapat membentuk pribadi yang terbuka dan menerima perbedaan yang terjadi.
e.       Membiasakan anak didik untuk selalu aktif dan interaktif dalam mengembangkan analisisnya.

3.       Tujuan Pembelajaran Kooperatif
a.       Untuk dapat menyiapkan anak didik dengan berbagai keterampilan baru agar dapat berpartisipasi didunia yang selalu berubah
b.      Mambentuk anak didik agar dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama.
c.       Mengajak anak didik untuk membangun pengetahuan secara aktif dengan memberikan kesempatan pada anak didik untuk menyusun pengetahuan yang terus menerus.
d.      Memantapkan interaksi pribadi antar anak didik dan antar guru dengan anak didik.
e.       Mengajak anak didik untuk menemukan, membentuk dan mengembangkan pengetahuan.

Penulis : Henu Setiadi Triantoro ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ini dipublish oleh Henu Setiadi Triantoro pada hari Tuesday 11 June 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
 

0 comments:

Post a Comment