MODEL – MODEL PENGEMBANGAN KEGIATAN PENGEMBANGAN




Dengan semakin berkembangnya lembaga pendidikan TK bermunculan berbagai gagasan untuk mengembangkan model – model pengembangan kegiatan TK yang semakin inovatif.
akan diuraikan beberapa model pengembangan kegiatan pengembangan TK.

A.    Model Pengembangan TK Atraktif

Sekitar tahun 1999 yang hakikatnya merupakan suatu upaya untuk mengembalikan TK pada fungsinya yang hakiki sebagai sebuah taman yang paling indah yang menyenangkan. Yang merangsang anak didik untuk bermain dan belajar.
Tujuan Pokok Dari Pengembangan TK Atraktif
1.      Menanamkan filosofi pelaksanaan pendidikan dengan melaksanakan kegiatan dengan berbagai bentuk kegiatan yang menarik, indah dan menyenangkan. Melalui berteman banyak dapat mempelajari kerakter, keinginan, sikap dan gaya tingkah laku masing – masing anak.
2.      Menyebarkan wawasan tentang pendidikan TK secara intensif , pemahaman tentang makna, dan proses pendidikan yang atraktif.
3.      Mengubah perilaku guru yang sesuai dengan karakteristik pendidikan di TK.
4.      Mendorong munculnya inovasi dan karakteristik guru dalam menciptakan dan mengembangkan iklim pendidikan yang kondusif.
Persyaratan Umum TK Atraktif
Atraktif suatu TK sangat tergantung pada pemahaman dan kemauan guru secara otonom dengan konsep dan praktek pendidikan yang benar dan jelas.
Ada 3 pilar utama yang membangun tk menjadi atraktif :
1.      Penataan dalam dan luar kelas.
2.      Kemampuan merancang dan menciptakakn alat permainan edukatif. Merupakan ciri profesional guru.
3.      Interaksi edukatif yang ditunjukan guru yang dapat untuk memahami dan digunakan sesuai dengan perkembangan usia anak.

a.       Metode Pengajaran Suara, Bentuk Dan Bilangan
-          Metode ini didasarkan pada pandangan John Pestalozziyang menolak bentuk pengajaran verbalis.
-          Sehingga pendidikan pada hakikatnya adalah usaha pertolongan pada anak agar mampu mendorong dirinya sendiri.
-          Pengajaran suara, bentuk dan bilangan merupakan ciri khas dari pandangan Pestalozzi.

b.      Metode Permainan Spielforman ( Menurut Frobel )
-          Menurut frobel mendidik pada hakikatnya adalah membangkitkan manusia sebagai makhluk yang sadar, berfikir dan mengerti sehingga dapat menerjemahkan tuhan di bumi.
-          Pendidikan harus dimulai dari dalam diri anak dan tidak memaksakan dari luar diri anak.
-          Fungsi utama pendidikan :
·         Membangkitkan aktivitas pada anak agar dapat melakukan kegiatan belajar.
·         Memberikan kebebasan atau suasana merdeka sehingga mampu berkembang dan memperoleh kesempatan untuk mengembangkan daya fantasi atau khayalnya.
·         Frobel mengemukakan prinsip pengamatan dan peragaan u tuk mengembangkan indranya.

c.       Sistem Pengajaran Sentra
Sistem ini dikembangkan berdasarkan konsep pendidikan yang ditemukan oleh Hellen Parkhurt
-          Kegiatan pembelajran disesuaikan dengan sifat dan keadaan individu yang mempunyai tempo dalam mengikuti irama dalam perkembangan setiap anak.
-          Setiap anak akan maju sesuai dengan kapasitas kemampuan masing – masing.

d.      Metode Pengajaran Proyek
Metode ini merupakan pengembangajaran yang dikembangkan berdasarkan pemikiran seorang ahli pendidikan yaitu Kilpatrik.
Inti pemikirannya adalah learning by doing yang telah dikembnagkan oleh Kilpatrik.
Pengajaran proyek memahami berbagai bidang pengembangan mencatat, membuat, mengamati, manyelidiki dan meninjau.

METODE PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP

Pengembangan kecakapan hidup adalah model pembelajaran yang membuat anak didik melakukan perbuatan untuk memperoleh :pengalaman, interaksi, komunikasi, dan refleksi.

Agar pembelajaran dapat menciptakan suasana yang mampu menambah kembangkan “kecakapan hidup” hendaknya guru mempunyai sikap :
·         Terbuka
·         Membiasakan anak didik untuk mendengarkan guru atau teman berbicara
·         Manumbuhkan rasa percaya diri anak didik
·         Tidak terlalu cepat membantu anak didik
·         Tidak kikir untuk memuji

Penulis : Henu Setiadi Triantoro ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel MODEL – MODEL PENGEMBANGAN KEGIATAN PENGEMBANGAN ini dipublish oleh Henu Setiadi Triantoro pada hari Tuesday 11 June 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan MODEL – MODEL PENGEMBANGAN KEGIATAN PENGEMBANGAN
 

0 comments:

Post a Comment