Dengan semakin
berkembangnya lembaga pendidikan TK bermunculan berbagai gagasan untuk
mengembangkan model – model pengembangan kegiatan TK yang semakin inovatif.
akan diuraikan beberapa model pengembangan kegiatan pengembangan TK.
akan diuraikan beberapa model pengembangan kegiatan pengembangan TK.
A. Model
Pengembangan TK Atraktif
Sekitar tahun 1999 yang hakikatnya merupakan suatu upaya untuk mengembalikan TK pada fungsinya yang hakiki sebagai sebuah taman yang paling indah yang menyenangkan. Yang merangsang anak didik untuk bermain dan belajar.
Sekitar tahun 1999 yang hakikatnya merupakan suatu upaya untuk mengembalikan TK pada fungsinya yang hakiki sebagai sebuah taman yang paling indah yang menyenangkan. Yang merangsang anak didik untuk bermain dan belajar.
Tujuan Pokok
Dari Pengembangan TK Atraktif
1.
Menanamkan filosofi
pelaksanaan pendidikan dengan melaksanakan kegiatan dengan berbagai bentuk
kegiatan yang menarik, indah dan menyenangkan. Melalui berteman banyak dapat
mempelajari kerakter, keinginan, sikap dan gaya tingkah laku masing – masing
anak.
2.
Menyebarkan wawasan
tentang pendidikan TK secara intensif , pemahaman tentang makna, dan proses
pendidikan yang atraktif.
3.
Mengubah perilaku guru
yang sesuai dengan karakteristik pendidikan di TK.
4.
Mendorong munculnya
inovasi dan karakteristik guru dalam menciptakan dan mengembangkan iklim
pendidikan yang kondusif.
Persyaratan Umum
TK Atraktif
Atraktif suatu TK
sangat tergantung pada pemahaman dan kemauan guru secara otonom dengan konsep
dan praktek pendidikan yang benar dan jelas.
Ada 3 pilar
utama yang membangun tk menjadi atraktif :
1.
Penataan dalam dan luar
kelas.
2.
Kemampuan merancang dan
menciptakakn alat permainan edukatif. Merupakan ciri profesional guru.
3. Interaksi
edukatif yang ditunjukan guru yang dapat untuk memahami dan digunakan sesuai
dengan perkembangan usia anak.
a. Metode
Pengajaran Suara, Bentuk Dan Bilangan
-
Metode ini didasarkan
pada pandangan John Pestalozziyang
menolak bentuk pengajaran verbalis.
-
Sehingga pendidikan
pada hakikatnya adalah usaha pertolongan pada anak agar mampu mendorong dirinya
sendiri.
-
Pengajaran suara,
bentuk dan bilangan merupakan ciri khas dari pandangan Pestalozzi.
b. Metode
Permainan Spielforman ( Menurut Frobel )
-
Menurut frobel mendidik
pada hakikatnya adalah membangkitkan manusia sebagai makhluk yang sadar,
berfikir dan mengerti sehingga dapat menerjemahkan tuhan di bumi.
-
Pendidikan harus
dimulai dari dalam diri anak dan tidak memaksakan dari luar diri anak.
-
Fungsi utama pendidikan
:
·
Memberikan kebebasan
atau suasana merdeka sehingga mampu berkembang dan memperoleh kesempatan untuk
mengembangkan daya fantasi atau khayalnya.
·
Frobel mengemukakan
prinsip pengamatan dan peragaan u tuk mengembangkan indranya.
c. Sistem
Pengajaran Sentra
Sistem
ini dikembangkan berdasarkan konsep pendidikan yang ditemukan oleh Hellen Parkhurt
-
Kegiatan pembelajran
disesuaikan dengan sifat dan keadaan individu yang mempunyai tempo dalam
mengikuti irama dalam perkembangan setiap anak.
-
Setiap anak akan maju
sesuai dengan kapasitas kemampuan masing – masing.
d. Metode
Pengajaran Proyek
Metode ini merupakan
pengembangajaran yang dikembangkan berdasarkan pemikiran seorang ahli
pendidikan yaitu Kilpatrik.
Inti pemikirannya adalah learning by
doing yang telah dikembnagkan oleh Kilpatrik.
Pengajaran proyek memahami berbagai bidang pengembangan mencatat, membuat, mengamati, manyelidiki dan meninjau.
Pengajaran proyek memahami berbagai bidang pengembangan mencatat, membuat, mengamati, manyelidiki dan meninjau.
METODE PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP
Pengembangan kecakapan hidup adalah model pembelajaran yang membuat anak didik melakukan perbuatan untuk memperoleh :pengalaman, interaksi, komunikasi, dan refleksi.
Agar pembelajaran dapat menciptakan suasana yang mampu menambah kembangkan “kecakapan hidup” hendaknya guru mempunyai sikap :
·
Terbuka
·
Membiasakan anak didik
untuk mendengarkan guru atau teman berbicara
·
Manumbuhkan rasa
percaya diri anak didik
·
Tidak terlalu cepat
membantu anak didik
·
Tidak kikir untuk
memuji
0 comments:
Post a Comment