KOMUNIKASI BISNIS (LENGKAP)
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui bersama jika komunikasi
merupakan elemen terpenting yang diberikan tuhan kepada manusia, karena dengan
komunikasi kita menjadi mahluk hidup bukan benda lagi, komunikasi bisa
menghidupkan nyawa sosial yang menjadi harapan kita untuk tetap berperan
sebagai manusia
Selain komunikasi ada juga faktor penting yang harus
kita lakukan, yaitu bisnis, yah bisnis, karena dengan bisnis kita bisa
menghasilkan simbiosis mutualisme untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat hidup
kita sebagai manusia.Jika komunikasi adalah elemen yang membedakan kita sebagai
makhluk hidup dengan benda, bisnis juga merupakan elemen penting yang tidak
hanya membedakan kita dengan benda, tetapi juga membedakan kita sebagai manusia
dengan hewan.
Nah, jika kita gabungkan dua kekuatan elemen ini,
Komunikasi dengan Bisnis, pasti akan menjadi sesuatu yang luar biasa, terlebih
jika kita berhasil menguasai penyatuan keduanya ini.
Namun, sebenarnya apakah komunikasi bisnis ini????
Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan
dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi
untuk mencapai tujuan bisnis.
Karena Komunikasi bisnis ini merupakan komunikasi
yang terjadi di dunia bisnis, kita tidak boleh melanggar norma-norma yang
ditetapkan oleh dunia bisnis ketika melakukan komunikasi. Biasanya komunikasi
bisnis memiliki aturan yang ketat, keras, formal, terstatndar dan tanpa
toleransi.
Dengan timbulnya situasi ” Ekonomic Of Relatife
Plenty ” dewasa ini pengusaha harus berusaha untuk menutup jurang yang
terbentang antara produsen dengan masyarakat konsumen selaku pembeli atau
pemakai barang dan jasa yang dihasilkan. Menjadi tugas dan tanggung jawabnya
selaku seorang pengusaha untuk selalu dapat mempengaruhi besarnya permintaan
akan barang produksi perusahaannya, selalu berusaha untuk mencari pembeli yang
dihasilkannya. Sebagai pengusaha dia harus memberitakan penyempurnaan-
penyempurnaan produksi yang telah dicapinya, dimana barang yang di hasilkan dapat
di peroleh masyarakat konsumen..
Penyelenggaran komunikasi dengan pasar, merupakan
suatu syarat mutlak bagi setiap produsen yang menghasilkan produk secara
besar-basaran yang ditunjukan kepada para konsumen yang tidak dikenalnya.
Penyelenggaraan komunikasi dengan pasar juga dapat disebut suatu syarat mutlak
bagi pengusaha yang ingin menjamin kelangsungan hidup perusahaannya dan terus
maju berkembang.
Dalam lingkungan bisnis ada aneka sarana komunikasi
perdagangan yang dapat dipergunakan para pengusaha untuk berkomunikasi dengan
konsumen. Sarana-sarana komunikasi perdagangan yang tersedia antara lain dalam
wujud pengirimin surat, pengiriman kawat, percakapan telepon, kunjungan pribadi
dll.
Jenis-jenis sarana komunikasi perdagangan yang
disebut tadi hanya sesuai bilamana dipergunakan dalam daerah pemasaran baranga
dan jasa yang ruang lingkuupnya terbatas.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, dapat
dirumuskan bahwa :
1. Apa pengertian dari komunikasi bisnis ?
2. Bagaimana Komunikasi bentuk-bentuk komunikasi
itu?
3. Bagaimana pengukuran dalam produktifitas tenaga
kerja ?
C. Tujuan
Berdasarkan uarian diatas dapat disimpulkan bahwa
tujuannya adalah :
1. Agar lebih memahami pengertian dari komunikasi
bisnis
2. Untuk lebih memahami secara mendalam dalam
penilaian kinerja
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian komunikasi Bisnis
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan
penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan
terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang
diharapkan. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual
barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang
berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam
artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan,
pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan
secara personal atau impersonal melalui simbol – simbol atau sinyal.
Ada lima komponen penting untuk diperhatikan dalam
proses komunikasi, yaitu :
a. Pengirim pesan (sender atau komunikator)
b. Pesan yang dikirimkan (message)
c. Bagaimana pesan tersebut disampaikan (delivery
channel atau media)
d. Penerima pesan (receiver atau komunikan); dan
e. Umpan balik (feedback) atau effect
Untuk dapat mengembangkan kemampuan dalam
berkomunikasi secara efektif, baik secara personal maupun professional paling
tidak kita harus menguasai empat jenis keterampilan dasar dalam berkomunikasi,
yaitu :
a. menulis,
b. membaca,
c. berbicara; dan
d. mendengar.
Disadari ataupun tidak, setiap hari kita melakukan,
paling tidak, satu dari keempat hal tersebut diatas dengan lingkungan kita.
Seperti juga pernafasan, komunikasi sering dianggap sebagai suatu kejadian
otomatis dan terjadi begitu saja, sehingga seringkali kita tidak memiliki
kesadaran untuk melakukannya secara efektif.
Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok,
yaitu:
• Memiliki
tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.[
• Pertukaran,
dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan
komunikan.
• Gagasan,
opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam
tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
• Menggunakan
saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan
media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara
bersamaan.
• Meggunakan
simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau
dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
• Pencapaian
tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau
lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya oleh manajemen.
B. Bentuk Komunikasi Bisnis
1. Komunikasi Tertulis
Pesan-pesan tertulis memiliki berbagai bentuk
seperti surat, memo, proposal, laporan. Salah satu keuntungan komunikasi ini
adalah :
• Catatan permanen
• Pesan yang terencana
• Ekonomis
• Distribusi lebih mudah
Penulis memiliki kesempatan untuk merencanakan dan
mengendalikan pesan-pesan mereka. Format tulisan diperlukan jika informasi yang
disampaikan bersifat kompleks, dibutuhkan catatan permanen untuk referensi di
masa yang akan datang
2. Komunikasi Lisan
Salah satu kebaikan dari komunikasi lisan (oral
communication) adalah
• Bisa menangkap nonverbal
• Mudah
• Feedback langsung
Kemampuan dalam memberikan umpan balik dengan segera
digunakan bila pesan yang disampaikan adalah sederhana, tidak perlu catatan
yang permanen. Komunikasi lisan mencakup percakapan, telepin, wawancara, rapat
konfrensi dan lain-lain
C. SALURAN KOMUNIKASI
1) Komunikasi Formal
Komunikasi formal adalah suatu proses komunikasi
yang bersifat resmi dan biasanya dilakukan di dalam lembaga formal melalui
garis perintah atau sifatnya instruktif atau mengikuti garis hirarki atau
jabatan, Suatu komunikasi juga dapat dikatakan formal ketika komunikasi antara
dua orang atau lebih yang ada pada suatu organisasi dilakukan berdasarkan
prinsip – prinsip dan struktur organisasi. Tiga arah komunikasi formal
Downward adalah pengambilan keputusan ke karyawan, contoh kebijakan, rencana,
strategi, instruksi dan prosedur
Upward
adalah dari pekerja ke pemimpin, contoh laporan kerja, usulan perbaikan.
Horizontal adalah sesama/level yang sama, contoh: meeting, e-mail, dan memo
2) Komunikasi Informal
komunikasi informal adalah komunikasi antara orang
yang ada dalam suatu organisasi , akan tetapi tidak direncanakan atau tidak
ditentukan dalam struktur organisasi . Fungsi komunikasi informal adalah untuk
memelihara hubungan sosial persahabatan kelompok informal , penyebaran
informasi yang bersifat pribadi dan privat seperti isu , gossip , atau rumor.
Bila banyak informasi yang beredar melalui informal artinya komunikasi formal
tidak efektif. Keuntungannya adalah informasi lebih cepat dan efektif dan bias
mengekspresikan pendapat tanpa ragu-ragu.
D. KOMUNIKASI INTERNAL DAN EKSTERNAL
Fungsi internal dan eksternal komunikasi bisnis
secara umum adalah sebagai berikut :
Menginformasikan
(tin inform)
Membujuk (to persuade)
Mempromosikan (to promote goodwill)
Komunikasi Bisnis Internal
1) Komunikasi Bisnis internal
Komunikasi internal mencakup pada komunikasi kepada
atasan, bawahan dan rekan kerja. Komunikasi bisnis internal memiliki fungi
sebagai berikut :
Mengeluarkan
dan menjelaskan peraturan dan prosedur
Menginformasikan progres perusahaan
Mendorong pegawai melakukan perbaikan
Evaluasi, member penghargaan dan menegur pegawai
2) Komunikasi Bisnis Eksternal
Komunikasi eksternal ini mencakup konsumen,
supplier, pemerintah dan public. Fungsi komunikasi bisnis eksternal sebagai
berikut :
Membujuk
konsumen pembeli produk
Menjelaskan produk atau layanan
Mengklarifikasikan spesifikasi yang dibutuhkan
Mempromosikan omage positif perusahaan
Memberikan kredit dan penagihan piutang
E. HAMBATAN KOMUNIKASI BISNIS
E. HAMBATAN KOMUNIKASI BISNIS
Komunikasi seringkali terganggu atau bahkan dapat
menjadi buntu sama sekali. Faktor hambatan yang biasanya terjadi dalam proses
komunikasi, dapat dibagi dalam 3 jenis sebagai berikut :
Hambatan Teknis
Hambatan jenis ini timbul karena lingkungan yang
memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan
pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi,
akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi
dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam media komunikasi dapat
diandalkan serta lebih efisien.
Hambatan Semantik
Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses
penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik adalah studi
atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas,
akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.
Untuk menghindari mis-komunikasi semacam ini,
seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan
karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan
penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yang digunakannya.
Hambatan Manusiawi
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah
pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik
komunikator maupun komunikan.
Menurut Cruden dan Sherman, hambatan ini mencakup :
• Hambatan yang berasal dari perbedaan individual
manusia, seperti perbedaan persepsi, umur, keadaan emosi, status, keterampilan
mendengarkan, pencarian informasi, penyaringan informasi.
• Hambatan yang ditimbulkan oleh iklim psikologis
dalam organisasi atau lingkungan sosial dan budaya, seperti suasana dan iklim
kerja serta tata nilai yang dianut .
Beberapa hal yang menghambat komunikasi bisnis:
Iklim komunikasi tertutup, karyawan sedikit
mengetahui tentang perusahaan, informasi dikuasasi oleh pemimpin.
Struktur organisasi yang besar dan berjenjang,
distorsi, penyampaian tertunda, persepsi berbeda.
Filtering, pesan dirubah, diperpendek atau
diperpanjang.
Tidak percaya, merasa diperdaya, dimanipulasi atau
diperlakukan dengan tidak adil.
Rivalitas antar karyawan, saling merahasiakan
informasi yang bisa menguntungkan orang lain.
Status dan power
Beberapa hal untuk mengatasi hambatan komunikasi
bisnis:
Mendorong iklim komunikasi terbuka, mendorong
masukan dan feedback dari karyawan
Menyederhanakan struktur organisasi, mengurangi
layer, informasi lebih cepat
Mempromosikan komunikasi horisontal, meningkatkan
moral, menambah ide-ide.
Membuat pusat isu, karyawan bisa mengkonfirmasi
isu yang berkembang
Membuat saluran formal seperti newsletter untuk
memuat berita/informasi perusahaan
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan
atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam
struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan
hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, agar
pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu
perbuatan atau kegiatan.
Di era globalisasi ini, tantangan seorang manajer di
masa depan relatif akan semakin sulit, karena dunia bisnis menghadapi
lingkungan persaingan yang cenderung semakin turbulen. Para manajer perlu
membekali diri dengan keterampilan lintas budaya, berupa kemampuan berinteraksi
dengan berbagai ragam budaya, gaya manajemen / bisnis bangsa lain, maupun
kerjasama tim, baik intern maupun dalam suatu aliansi strategis dengan mitra
bisnis. Disini peran komunikasi bisnis menjadi semakin sangat penting, yaitu
kemampuan membaca, menafsirkan laporan dan informasi dari lingkungan. Disamping
menyampaikan gagasan, baik lisan maupun tertulis secara sistematik.
Di era e-bisnis, Komunikasi berkembang menjadi suatu
bisnis tersendiri. Perkembangan sistim informasi dan teknologi mempercepat
proses Globalisasi dan memberikan peluang bagi dunia usaha di Indonesia untuk
mengembangkan usahanya, melalui berbagai kesempatan menjalin relasi bisnis,
pemasaran produk ataupun lainnya. Melalui e-bisnis, transaksi bisnis telah
dilakukan melintasi batas demi batas dan zona waktu yang hampir pada saat yang
bersamaan.
Aktivitas e-bisnis di Indonesia, merupakan tantangan
tersendiri bagi para manajer untuk mengkomunikasikan bisnisnya kepada
masyarakat yang mayoritas skeptis terhadap sistem penjualan on line melalui
perbaikan sistem, pemupukan tingkat kepercayaan masyarakat serta pemberian
edukasi yang berkesinambungan.
B. Kritik dan Saran
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_bisnis
http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
http//aurajogja.files.wordpress.com
Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
ReplyDeletesedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau
pinjaman! pinjaman!! pinjaman!Apakah Anda mencari sebuah perusahaan terkemuka dan terakreditasi pinjaman pribadi yang menyediakan pinjaman untuk kesempatan seumur hidup.Kami menawarkan semua jenis pinjaman sangat cepat dan mudah, pinjaman pribadi, kredit mobil, pinjaman hipotek, pinjaman mahasiswa, pinjaman Bisnis, pinjaman investasi, hutang konsolidasi dan banyak lagi.Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya?Apakah Anda memerlukan konsolidasi pinjaman atau hipotek? DAo tidak terlihat lagi seperti kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda dari masa lalu.Kami meminjamkan dana kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan pada tingkat 2%.Tidak ada nomor jaminan sosial yang diperlukan dan tidak ada pemeriksaan kredit diperlukan, 100% dijamin.Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan mendukung dan kami akan senang untuk menawarkan pinjaman.Kemudian kirimkan email ke: (mariannelson2012@gmail.com) untuk mengajukan permohonan untuk pinjaman
ReplyDelete