Pembelajaran
kooperatif learning merupakan suatu metode pembelajaran yang berkembang di
amerika serikat pada tahun 1980 an. Kooperatif learning berusaha menelaah
proses belajar anak didik dengan guru. Kegiatan belajar yang terjadi lebih
berpusat pada guru.
Segala
sesuatu yang menyangkut metode cooperative learning
1.
Definisi
Pembelajaran Kooperatif
yang menitik beratkan pada kerja sama diantara anak didik dalam mengarjakan suatu pekerjaan tapi tanpa sepenuhnya dapat bimbingan guru.
yang menitik beratkan pada kerja sama diantara anak didik dalam mengarjakan suatu pekerjaan tapi tanpa sepenuhnya dapat bimbingan guru.
-
Menurut
Cenita Liepembelajaran kooperatif
adalah gotong royong yang memberikan kesempatan pada anak didik untuk bekerja
sama dengan sesama anak dalam tugas yang berstruktur. Guru bertindak sebagai
fasilitator.
-
Menurut
Johnson cooperative learning adalah :
·
Saling
ketergantungan positif
·
Tanggung
jawab individual
·
Interaksi
sosial
·
Keahlian
bekerja sama
·
Proses
kelompok
2. Manfaat Pembelanjaan Kooperatif
tidak hanya menitik beratkan pada kerja kelompok nya
melainkan pada strukturnya.
a.
Cooperative
learning mampu mengembangkan aspek moralitas dan interaksi sosial peserta
didik.
b.
Cooperative
mampu mempersiapkan anak didik untuk belajar bagaimana cara mendapatkan
berbagai pengetahuan dan informasi.
c.
Meningkatkan
anak didik untuk dapat bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim karena
di era globalisasi.
d.
Dapat
membentuk pribadi yang terbuka dan menerima perbedaan yang terjadi.
e.
Membiasakan
anak didik untuk selalu aktif dan interaktif dalam mengembangkan analisisnya.
3. Tujuan Pembelajaran Kooperatif
a.
Untuk
dapat menyiapkan anak didik dengan berbagai keterampilan baru agar dapat
berpartisipasi didunia yang selalu berubah
b.
Mambentuk
anak didik agar dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama.
c.
Mengajak
anak didik untuk membangun pengetahuan secara aktif dengan memberikan
kesempatan pada anak didik untuk menyusun pengetahuan yang terus menerus.
d.
Memantapkan
interaksi pribadi antar anak didik dan antar guru dengan anak didik.
e.
Mengajak
anak didik untuk menemukan, membentuk dan mengembangkan pengetahuan.
0 comments:
Post a Comment